Tomat, hmmm salah satu buah-buahan tapi terkadang disebut juga sayuran yang cukup saya gemari..
coba saja lihat gambar di bawah ini.. semoga anda tidak tergiur akan tampilannya. :D
Penampang melintang dari tomat yang matang
 berhubung karena kemarin saya sempat makan tomat, maka pada kesempatan ini saya akan mengulas sedikit tentang beberapa hal menarik tentang tomat, si bulat manis tapi bukan sayur.. :D
1. Tomat itu buah bukan sayur..
     tomat, merupakan salah satu objek yang menarik untuk dipahami, terutama dari segi pemahaman kita kalau tomat adalah buah atau sayuran.. ada beberapa literatur atau blog (blog orang, red) yang telah saya baca yang mengemukakan bahwa tomat adalah BUAH.. satu alasan yang menjadi dasar dikatakan bahwa tomat adala buah yakni dilihat dari struktur tomat yang menyerupai buah-buahan pada umumnya yaitu memiliki daging buah dan biji. selain itu, tomat yang bisa dimakan langsung juga merupakan sebuah alasan menjadikan tomat termasuk salah satu buah.
trus, mengapa tomat kadang kala disebut sebagai sayuran??
salah satu alasan yang menjadikan tomat sebagai salah satu kategori sayuran adalah fungsi tomat sebagai salah satu pelengkap dalam pembuatan kuliner sayur-mayur dan hal ini menjadi dasar sebagian ibu-ibu rumah tangga yang menyebut tomat sebagai sayuran. Sebenarnya hal ini juga berlaku serupa untuk beberapa buah-buahan yang menjadi bahan baku kuliner sayuran, yaitu buah nangka, pisang, belimbing wuluh dan timun seperti pada gambar dibawah ini.

berdasarkan uraian diatas, kita akhirnya mendapat sedikit info bahwa tomat adalah buah bukan sayuran. :D
2. Tomat berasal dari Benua Amerika 
    menurut wikipedia.org, diketahui bahwa tomat berasal dari benua Amerika, tepatnya di daratan Meksiko. Sehingga patut disadari bahwa tomat bukan berasal dari Indonesia. Tomat yang ada di Indonesia sendiri sebenarnya berasal dari Filipina yang merupakan benih tomat yang dibawa dari meksiko.
3. Jenis dan Manfaat Tomat
    menurut saya, ada sekitar 10 jenis tomat yang beredar di sekeliling kita. Namun tomat yang menjadi favorit kita ialah tomat cherry, tomat buah, dan tomat sayur.. tomat cherry biasanya menjadi bahan baku jus tomat, sedangkan tomat buah dan tomat sayur menjadi bahan baku kuliner. keunggulan dari tomat cherry ialah warnanya yang merah cerah, berbentuk buah cherry dan memiliki rasa manis dibandingkan dengan dua jenis tomat lainnya..
      adapun manfaat tomat dapat saya uraikan dibawah ini yang saya kutip dari http://ngenee.blogspot.com/2012/06/7-manfaat-tomat-bagi-kesehatan-dan.html, adapun  manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:
     a) sebagai sumber antioksidan untuk mencegah pengaruh radikal bebas (pengaruh asap, red)
     b) menjaga kesehatan jantung, melalui kandungan zat kalium dan vit. B dalam tomat
     c) mengandung 40% vit. C yang baik untuk tubuh
     d) meredakan diabetes dengan mengkonsumsi 2 buah tomat setiap hari bagi penderita diabetes
     e) dapat mencegah berbagai gejala kanker dengan mengkonsumsi buah tomat secara teratur
     e) berguna untuk kecantikan, yaitu kandungan vit. A untuk kesehatan rambut dan mencerahkan   
         wajah
 oleh karena itu, mari mengkonsumsi tomat secara teratur dan tidak ada alasan untuk mengkonsumsinya apalagi menyangkut kesehatan teman-teman... Tomat itu enak lho?? apalagi kalau dibuat jus.. pasti nikmat.. :D
Sekian tulisan saya hari ini, semoga kita bisa mengambil hikmah dari buah tomat yang ada saat ini..